PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA CIMULANG

Saeful Mu’minin, Muhammad Aras Prabowo, Anisa Pitri, Yuliana Yuliana, Putri Alisa, Jihan Fadillah, Yusri Ansoriyah, Sabila Sabila, Fitriah Ulfa

Abstract


Program Bimbingan Belajar (BIMBEL) yang diadakan di Desa Cimulang bertujuan untuk mengatasi berbagai tantangan pendidikan di wilayah pedesaan. Dengan mengikuti serangkaian langkah mulai dari observasi hingga rencana tindak lanjut, program ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa di mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Fiqih, dan Baca Tulis Al-Qur'an. Setiap sesi BIMBEL melibatkan siswa kelas 2 hingga kelas 6 di SD Pasirgaok 06 dan mencakup berbagai aktivitas yang melibatkan pemateri (anggota KKN) dalam penyampaian materi, dukungan intensif dari pembimbing, serta aktivitas hiburan untuk menjaga semangat siswa. Evaluasi secara berkala dilakukan untuk memantau kemajuan siswa dan menilai kinerja program BIMBEL, dengan harapan bahwa program ini dapat memberikan manfaat yang nyata dan berkelanjutan dalam meningkatkan pendidikan di Desa Cimulang.


Keywords


Bimbingan Belajar, Desa Cimulang, Tantangan pendidikan, Pembimbing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i1.54542

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.