PENGEMBANGAN KAWASAN AGROWISATA TERPADU DI PANTAI MALANG SELATAN DALAM MENDUKUNG SEGITIGA EMAS WISATA (BATU, BROMO, MALANG SELATAN)

Agung Sugeng Widodo, Susinggih Wijana, Ary Mustofa Ahmad

Abstract


Abstrak


Desa Purwodadi merupakan desa yang memiliki wilayah pantai malang selatan. Pantai di desa ini menyuguhkan panorama alam yang indah disertai aktivitas nelayan dikampung nelayan. Akan tetapi, potensi yang ada belum optimal dikembangkan secara maksimal. Pantai ini cukup strategis karena berada di suatu wilayah segitiga emas yaitu kota Batu,wilayah Gunung Bromo, dan Wilayah Malang Selatan. Pengembangan wilayah ini diharapkan dapat menujang taraf ekonomi masyarakat disekitar wilayah segitiga emas dan mampu menunjang nama daerah. Program pengabdian ini menggunakan beberapa metode yaitu survei lokasi pengabdian, negosiasi mitra, penandatanganan nota kesepakatan kerjasama, pengurusan perizinan dengan pihak terkait, pelaksanaan program, dan evaluasi. Untuk langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah 1) sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya agrowisata sehingga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam geliat wisata yang berbasis pada agro 2) Mengedukasi kelompok masyarakat tentang IPTEK 3) Mendampingi masyarakat dalam upaya untuk diversifikasi produk wisata berupa cinderamata dan kuliner. dari hasil kegiatan, disusun rencana pengembangan kuliner serta potensi lain yang dapat dikembangkan. Salah satu strategi yang digunakan untuk memperkenalkan serta mengangkat wisata kuliner dan wisata alam di wilayah ini dengan dibuatkannya brosur serta website. Selain itu, edukasi tentang pengelolaan website juga dilakukan kepada masyarakat untuk dapat mempromosikan wilayah ini sehingga dapat menciptakan ekonomi kerakyatan.
Kata Kunci: Desa Purwodadi, Pantai Malang Selatan, Wisata Kuliner, Wisata Alam,


Abstract

Purwodadi village is a village that has the southern poor coastal area. The beach in this village presents a beautiful natural scenery accompanied by fishing activities dikampung fishermen. However, the potential is not optimally developed optimally. This beach is quite strategic because it is located in a golden triangle region of Batu, Mount Bromo region, and South Malang region. The development of this region is expected to support the economic level of the community around the golden triangle region and able to support the name of the region. This devotional program uses several methods, namely surveying the location of dedication, negotiating partners, signing a memorandum of cooperation agreement, licensing arrangements with related parties, program implementation, and evaluation. For the steps that need to be done is 1) socialization to the public about the importance of agro tourism so that it can raise public awareness to participate actively in agro-based tourism geliat 2) Educate community groups about science and technology 3) Accompany the community in an effort to diversify tourism products in the form of souvenirs and culinary. from the results of activities, culinary development plans are developed and other potentials that can be developed. One of the strategies used to introduce and elevate culinary and nature tourism in the region with the creation of brochures and websites. In addition, education on website management is also done to the community to be able to promote this region so as to create a populist economy. Keywords: Purwodadi Village, South Malang Beach, Culinary Tourism, Nature Tourism,


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i4.8581

Article Metrics

Abstract view : 660 times
PDF - 727 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.