Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Open Ended Dengan Pendekatan Pembelajaran Differentiated Instruction Berbantuan Wingeom di SMP Negeri I Tanjung Morawa

Mawaddah . ., Erlinawaty . Simanjuntak

Abstract


ABSTRAK

 

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan openended berbantuan wingeom dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan differentiated instruction berbantuan wingeom di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII  yang berjumlah 9 kelas kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest yang berbentuk uraian soal. Pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Sedangkan posttest digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t 2 pihak dengan dk = 70 dan  = 0,05, maka diperoleh thitung = 2,407 dan ttabel = 1,994 sehingga thitung> ttabel yaitu 2,407 > 1,994  maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Open Ended berbantuan wingeom dengan pendekatan pembelajaran Differentiated Instruction berbantuan wingeom.

Kata Kunci : Open Ended, Differentiated Instruction, Komunikasi Matematis, Wingeom

 

ABSTRACT

 

The type of this research is quasi-experiment. This study aims to determine the differences in the ability of mathematical communication between students taught using the open ended approach wingeom assisted with students taught using a differentiated instruction approach wingeom assisted at grade VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa. Population in this research is all class VIII  which amounts to 9 class then do sampling by using random sampling technique. Samples taken as many as 2 classes of classes VIII-1 and VIII-2, each of which amounted to 36 students. The instrument of data collection used is pretest and posttest which in the form of problem description. Pretest is used to determine students’ early skills. While posttest is used to know the  difference of students’ mathematical communication ability after given different treatment. The data analysis of experimental class by using t-test two tail with dk = 70 and significance level  = 0.05, it was obtained that tcalculation= 2,407 and ttable = 1,994so tcalculation>ttable then H0 is rejected and Ha is accepted. The result showed that there is different in student’s mathematical communications skill with by using Open Ended scientific approach aided Wingeom and Differentiated Instruction scientific approach aided Wingeom.

Keyword      : Open Ended, Differentiated Instruction, Mathematical Communications, Wingeom

 


Full Text:

PDF

References


Reference

Afandi, A., &Dhoriva Urwatul Wustqa, (2013), Pendekatan Open-ended dan Inkuiri Terbimbing ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis, PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, ISSN: 1978-4538, Vol. 8 (1): 1-11

Arviana, Neva Nerissa, (2014), Penerapan Pendekatan Differentiated Instructionuntuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Kubus dan Balok, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 3 (3): 150-157

Harahap, Hidayatul Mazidah, (2016), Perbedaan Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematis antara Siswa yang diberi Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Wingeom dengan Berbantuan Aplikasi Cabri di MTS Islamiyah Kotapinang, Tesis, UNIMED, Tidak dipublikasikan

Hasibuan, A.M. dan Surya, E. 2017. The Effect of an Open-Ended Approach on Students’ Creativity in Fractional Material. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 34, No 1, pp 54-63.

Lubis, Hefni Lidia, 2015), Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 16 Medan, Tesis, UNIMED, Tidak dipublikasikan.

Rizqi, N. R., & Surya, E. 2017. An Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Ability In VIII Grade of Sabilina Tembung Junior High School. International Journal of Advance Research And Innovative Ideas In Education (IJARIIE). Vol-3 Issue-2 2017.

Setiawan, Raden Heri dan Idris Harta, (2014), Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa terhadap Matematika, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1 (2): 240-256.

Simamora, R. E., Sidabutar, D. R ., & Surya, E. 2017. Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) In Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 33, No 2, pp (321-331).

Slameto, 2015, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Renika Cipta, Jakarta

Trianto, 2011,Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Umar, W, (2012), Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika,Jurnal Ilmiah Prodi STKIP Siliwangi, Vol. 1 (1), Bandung

Yuliana, Nelly, (2017), Pendekatan Differentiated Instruction (DI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Matematika Siswa Kelas XI MIPA-2 di SMAN 1 Koba, Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, ISSN: 2407-8530, Vol. 4 (6): 370-378.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v4i2.12775

Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 306 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter