PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA SEPAK BOLA SISWA KELAS VII SMP AR-RAHMAN PERCUT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara model pembelajaran inkuiri dan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar menggiring bola. Desain penelitian menggunakan faktorial 2x2 dengan sampel berjumlah 48 siswa. Data hasil eksperimen dianalisis menggunakan rumus ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola antara model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar menggiring pada materi sepak bola pada kelompok siswa keativitas rendah, (4) Model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap hasil belajar menggiring pada materi sepak bola pada kelompok siswa kreativitas tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta,
Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1972. Models of Teaching. Prentice/Hall, New Jersey
Koger, Robert. Latihan dasar Andal Sepakbola Remaja. Klaten: Saka Mitra Kompetensi,
Lutan, Rusli dan Suherman, Adang. 2000. Perencanaan Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Depniknas.
Luxbache, A. Joseph. 2004. Sepak Bola Terjemahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Metzler, Michael.W. 2000. Instructional Models For Physical Education. Allyn and Bacon. USA.
Mielke , Danny. 2007. Dasar – Dasar Sepakbola. Bandung : Pakar Raya
Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Muhammad Asrori. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Muhammad Fathurrohman 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media
Purnamasari, Dewi, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Bermain Bolabasket Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler Bolabasket Di SMA N 1Baleendah. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rezki, 2015. Analisis Gerak Motorik Dasar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Tesis. Universitas Islam Riau
Sani Berlan. 2016. Ragam Pengembanan Model Pembelajaran, Kata Pena
Sanjaya Wina. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group
Schmidt, Richard A. Motor Learning and Perfomance from Principle to Practice. lilinois: Human Kinetics Publisher Inc., 1991.
Sucipto, dkk., 2000. Sepakbola. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional,
Sugiharto, Dkk., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motorik Dasar Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Awal. Journal Of Physical Education And Sport. Jpes 2 (1) (2013). Universitas Negeri Semarang
Uno, Hamzah. 2004. Model Pembelajaran. Menciptakan, Gorontalo: BMT Nurul Jannah.
Verduci, Frank. 1980. Measurement Concept in Physical Education. St.Louis : Mosby company
DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v5i1.14486
Article Metrics
Abstract view : 205 timesPDF - 131 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.