PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PJOK OLEH GURU PJOK DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TAPIN UTARA KABUPATEN TAPIN

M. Hilman Ramadhani, Rahmadi Rahmadi, Arie Rakhman

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi penggunaan media pembelajaran PJOK oleh Guru PJOK di Sekolah Dasar se- Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan tes angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK di Sekolah Dasar se- Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin yang berjumlah 18 guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan total sampling. Penelitian ini menggunakan total sampling karena semakin banyak sampel yang digunakan semakin bagus hasil yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran PJOK oleh guru PJOK di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin masuk dalam kategori secara rinci, kategori “sangat rendah” sebesar 11% (2 guru), “rendah” sebesar 11% (2 guru), “cukup” sebesar 39% (7 guru), “tinggi” sebesar 39% (7 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 0% (0 guru). Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 135,2, penggunaan media pembelajaran PJOK oleh guru PJOK di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin dalam kategori “cukup”. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran PJOK oleh guru PJOK di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin sangat beragam

Keywords


Penggunaan Media Pembelajaran PJOK Oleh Guru PJOK Di Sekolah

Full Text:

PDF

References


Amri Sofan. 2016. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2009). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Barnadib, S.I. (2005). Filsafat pendidikan: sistem dan metode. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadisusanto, D, Sidharto, S, & Siswoyo, D. (2005). Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendrayana, Y, Mulyana, A & Budiana, D. (2018). Perbedaan persepsi guru pendidikan jasmani terhadap orientasi tujuan instruksional pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Journal of Physical Education and Sport, Volume 1 Nomor 1.

Muktiani, N.R. (2008). Aplikasi teknologi pembelajaran dalam mengatasi permasalahan pembelajaran mata kuliah pencak silat. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 5, Nomor 1.

Rukiyati. (2008). Pendidikan pancasila. Yogyakarta: UNY Press. Sadiman, dkk. (1990). Media Pendidikan. Jakarta. CV. Rajawali.

Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan (Ke-27). PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia. Sukintaka. (2004). Teori pendidikan jasmani. Yogyakarta: Esa Grafika.

Susila & Riyana. (2011). Media Pembelajaran. Bandung. CV. Wacana Prima. Uno, H.B. (2008). Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Pengembang MKDP. 2019. Kurikulum & Pembelajaran. Depok. PT. Raja Grafindo Persada.

Salasiah, Rahmadidan Tri IriantoPenddikan JasmaniJPOK FKIPUniversitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru rahmadi@ulm.ac.id,trifkip@ulm.ac.id




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.60638

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga

Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.