PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTU MEDIA PANPELNEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10669Abstract
Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantu Media Panpelnel untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design jenis yang dipakai adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Setelah dilakukan analisis data nilai hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata pada pretest sebesar 42,88 dan posttest sebesar 84,23 diperoleh thitung sebesar 14,632 sedangkan ttabel dengan db= N-1 = 26-1=25, dan taraf signifikan 5% sebesar 2,056. Karena thitung (14,623) > ttabel(2,056) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran TGT berbantu media panpelnel dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPS siswa kelas III SDN 03 Kesesi Pekalongan.Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media Panpelnel, Hasil BelajarDownloads
Published
2018-09-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2018 Annisa Atikandari, Ary Susatyo N., Singgih Adhi P.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.