PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTU MEDIA PANPELNEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD
Abstract
Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantu Media Panpelnel untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design jenis yang dipakai adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Setelah dilakukan analisis data nilai hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata pada pretest sebesar 42,88 dan posttest sebesar 84,23 diperoleh thitung sebesar 14,632 sedangkan ttabel dengan db= N-1 = 26-1=25, dan taraf signifikan 5% sebesar 2,056. Karena thitung (14,623) > ttabel(2,056) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran TGT berbantu media panpelnel dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPS siswa kelas III SDN 03 Kesesi Pekalongan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media Panpelnel, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10669
Article Metrics
Abstract view : 259 timesPDF - 199 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Annisa Atikandari, Ary Susatyo N., Singgih Adhi P.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.