PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTU MEDIA PANPELNEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD

Annisa Atikandari, Ary Susatyo N., Singgih Adhi P.

Abstract


Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantu Media Panpelnel untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design jenis yang dipakai adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Setelah dilakukan analisis data nilai hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata pada pretest sebesar 42,88 dan posttest sebesar 84,23 diperoleh thitung sebesar 14,632 sedangkan ttabel dengan db= N-1 = 26-1=25, dan taraf signifikan 5% sebesar 2,056. Karena thitung (14,623) > ttabel(2,056) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran TGT berbantu media panpelnel dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPS siswa kelas III SDN 03 Kesesi Pekalongan.


Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media Panpelnel, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10669

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF - 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Annisa Atikandari, Ary Susatyo N., Singgih Adhi P.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.