KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPS MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATON BERBANTU MEDIA POHON PEKERJAAN SD NEGERI 2 BALERAKSA
Abstract
Abstrak : Keefektifan Pembelaaran IPS Model Team Assisted Individualization Berbantu Media Pohon Pekerjaan SDN 2 Baleraksa. Tujuan penelitian ini untuk adalah untuk mendeskripsikan Keefektifan Pembelajaran IPS Model Team Assisted Individualization berbantu media pohon pekerjaan pada SD Negeri 2 Baleraksa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik non probability sampling teknik sampling jenuh. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah adanya perlakuan (nilai post test) rata-rata 78,08 pada analisis akhir perhitungan menggunakan uji t diperoleh jika = 0,05 dan db=N-1=25-1=24 diperoleh ttabel = 1,711 dan thitung=15,018. Jika thitung> ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga rata-rata hasil belajar post test lebih besar dari pre test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menggunakan Model Team Assisted Individualization efektif.
Kata Kunci : Model Team Assisted Individualization, Media Pohon Pekerjaan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10670
Article Metrics
Abstract view : 160 timesPDF - 140 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Tampi Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.