PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PELAJARAN IPA SISWA KELAS V
Abstract
Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Media Audio-Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pelajaran IPA Siswa Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran advance organizer berbantu media audio-visual terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen. Sampel penelitian yaitu 21 siswa kelas V A untuk kelas kontrol dan 19 siswa kelas V B untuk kelas eksperimen dengan menggunakan sampling jenuh. Analisis menggunakan uji-t dua pihak polled varians. thitung > ttabel yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model advance organizer berbantu media audio-visual terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Advance Organizer, Media Audio-Visual dan Kemampuan Pemecahan Masalah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10675
Article Metrics
Abstract view : 223 timesPDF - 204 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Cahyati Triana Putri, Choirul Huda', M. Arief Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.