KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V SD NEGERI PEDURUNGAN KIDUL 02

Toto Sugiarto, Ary Sutantyo, Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Abstrak : Keefektifan Media Pembelajaran Adobe Flash Pada Model Pembelajaran Inkuiri Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran adobe flash dan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Daur Air dan Kegiatan Manusia yang Mempengaruhinya Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil adalah 66 siswa kelas VA dan VB dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Berdasarkan analisis hasil penelitian, menunjukan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran adobe flash dan model pembelajaran inkuiri. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 75,45 menjadi 90,45 dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 75.


Kata Kunci : Adobe Flash, Model Inkuiri, Hasil Belajar IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10676

Article Metrics

Abstract view : 174 times
PDF - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Toto Sugiarto, Ary Sutantyo, Singgih Adhi Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.