KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V SD NEGERI PEDURUNGAN KIDUL 02
Abstract
Abstrak : Keefektifan Media Pembelajaran Adobe Flash Pada Model Pembelajaran Inkuiri Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran adobe flash dan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Daur Air dan Kegiatan Manusia yang Mempengaruhinya Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil adalah 66 siswa kelas VA dan VB dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Berdasarkan analisis hasil penelitian, menunjukan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran adobe flash dan model pembelajaran inkuiri. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 75,45 menjadi 90,45 dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 75.
Kata Kunci : Adobe Flash, Model Inkuiri, Hasil Belajar IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10676
Article Metrics
Abstract view : 201 timesPDF - 186 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Toto Sugiarto, Ary Sutantyo, Singgih Adhi Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.