STUDI KOMPARASI MEDIA PUZZLE DAN VIDEO PADA MODEL PEMBELAJARAN STAD DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD
Abstract
Abstrak : Studi Komparasi Media Puzzle Dan Video Pada Model Pembelajaran STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih efektif yang mana antara media puzzle dan video pada model pembelajaran STAD ditinjau dari hasil belajar ips kelas V SDN Jepat Lor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jepat Lor tahun 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil rata-rata tes IPS kelas eksperimen 1 dengan media video yaitu 68,8636 sedangkan kelas eksperimen 2 dengan media puzzle yaitu 78,1818.
Kata Kunci : Puzzle, Video, STAD, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10680
Article Metrics
Abstract view : 206 timesPDF - 170 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Wulan Apriantika, A. Y Soegeng Ysh, Iin Purnamasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.