KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGREJO 02 TUNJUNGAN BLORA

Ahlulieli Brilian Windi, Dwi Prasetiyawati D. H, Ari Widyaningrum

Abstract


Abstrak : Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN Kedungrejo 02 Tunjungan Blora. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukan bahwa penggunaan model time token dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kedungrejo 02 Tunjungan Blora dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa menunjukkan pembelajaran sebelum diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran time token sebanyak 16 siswa yang tuntas dengan persentase 57,14% dan 11 siswa yang belum tuntas dengan persentase 39%. Sedangkan setelah diberi perlakuan menggunakan model time token yang tuntas sebanyak 26 siswa dengan persentase 92,86% dan 2 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 7%.


Kata Kunci : Model Time Token, Pemahaman Konsep, Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10681

Article Metrics

Abstract view : 400 times
PDF - 384 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ahlulieli Brilian Windi, Dwi Prasetiyawati D. H, Ari Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
slot gacor slot