EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 3

Authors

  • Melyani Sari Sitepu Prodi PGSD Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman Semarang
  • Ridha Sarwono Prodi PGSD Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10683

Abstract

Abstrak : Efektifitas Model Pembelajaran Group To Group Exchange Terhadap Karakter Peduli Sosial Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa SD Muhammadiyah Domban 3. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap karakter peduli sosial dalam pembelajaran IPS pada siswa SD Muhammadiyah domban 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non tes berbentuk angket. Analisisi data dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Group to Group Exchange efektif terhadap karakter peduli sosial pada siswa kelas IV. Efektifitas tersebut dapat dilihat dari nilai angket peduli sosial minimal sebelum pembelajaran di kelas kontrol 19 dan maksimum 36. Sedangkan nilai minimum hasil angket sebelum perlakuan di kelas eksperimen 23 dan nilai maksimum nilai angket peduli sosial setelah perlakuan sebesar 40. Perbedaan antara nilai angket sebelum perlakuan dan setelah perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 1,8.Kata Kunci : Model Pembelajaran GGE, Karakter Peduli Sosial

Author Biographies

Melyani Sari Sitepu, Prodi PGSD Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman Semarang

Prodi PGSD Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman Semarang

Ridha Sarwono, Prodi PGSD Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman Semarang

Prodi PGSD Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman Semarang

Downloads

Published

2018-09-20