EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 3
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10683Abstract
Abstrak : Efektifitas Model Pembelajaran Group To Group Exchange Terhadap Karakter Peduli Sosial Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa SD Muhammadiyah Domban 3. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap karakter peduli sosial dalam pembelajaran IPS pada siswa SD Muhammadiyah domban 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non tes berbentuk angket. Analisisi data dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Group to Group Exchange efektif terhadap karakter peduli sosial pada siswa kelas IV. Efektifitas tersebut dapat dilihat dari nilai angket peduli sosial minimal sebelum pembelajaran di kelas kontrol 19 dan maksimum 36. Sedangkan nilai minimum hasil angket sebelum perlakuan di kelas eksperimen 23 dan nilai maksimum nilai angket peduli sosial setelah perlakuan sebesar 40. Perbedaan antara nilai angket sebelum perlakuan dan setelah perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 1,8.Kata Kunci : Model Pembelajaran GGE, Karakter Peduli SosialDownloads
Published
2018-09-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2018 Melyani Sari Sitepu, Ridha Sarwono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.