STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMIK DENGAN MEDIA FLIPBOOK MAKER DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak: Studi Perbandingan Penggunaan Media Berbasis Komik dengan Media Flipbook Maker ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Jatingaleh 01 tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan media komik dan kelas VC sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan media Flipbook Maker. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik pada kelas eksperimen 1 lebih dapat meningkatkan hasil belajar siswa daripada media Flipbook maker pada kelas ekssperimen 2 pada mata pelajaran IPS pada tema Peristiwa dalam Kehidupan dan sub tema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan.
Kata Kunci: Media, Komik, Flipbook Maker
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11630
Article Metrics
Abstract view : 435 timesPDF - 339 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Bayu Satryo Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.