STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMIK DENGAN MEDIA FLIPBOOK MAKER DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD

Bayu Satryo Nugroho

Abstract


Abstrak: Studi Perbandingan Penggunaan Media Berbasis Komik dengan Media Flipbook Maker ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Jatingaleh 01 tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan media komik dan kelas VC sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan media Flipbook Maker. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik pada kelas eksperimen 1 lebih dapat meningkatkan hasil belajar siswa daripada media Flipbook maker pada kelas ekssperimen 2 pada mata pelajaran IPS pada tema Peristiwa dalam Kehidupan dan sub tema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan.

 

Kata Kunci: Media, Komik, Flipbook Maker


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11630

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.