PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA BUTA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS V SD

Sheila Nurul Fajri, Qoriati Mushafanah, Muhajir Muhajir

Abstract


Abstrak : Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Pembelajaran Peta Buta Berbasis Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Miroto 01 Semarang dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas 5 SD Negeri Miroto 01 Semarang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Secara kognitif terlihat nilai rata-rata siswa materi Peta dan Kenampakan alam di Indonesia pada siklus I rata-ratanya 64dengan persentase 46,34 %, pada siklus II rata-ratanya 71,5 dengan persentase 87,80%. Secara afektif siswa terlihat aktif dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran, mudah memahami materi, dan siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Jigsaw, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11637

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.