PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Eduan Rismansyah

Abstract


Abstrak: Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Sifat Koligatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi sifat koligatif larutan pada peserta didik kelas XII IPA.9 SMA Negeri 1 Palembang. Dalam penelitian ini terdapat beberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek yang dimaksud tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA.9 SMA Negeri 1 Palembang yang berjumlah 29 peserta didik. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (52,71%), siklus I (72,41%), dan siklus II (89,66%).


Kata Kunci: Kimia, Metode Demonstrasi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11638

Article Metrics

Abstract view : 351 times
PDF - 726 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Eduan Rismansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.