PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN
Abstract
Abstrak: Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Sifat Koligatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi sifat koligatif larutan pada peserta didik kelas XII IPA.9 SMA Negeri 1 Palembang. Dalam penelitian ini terdapat beberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek yang dimaksud tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA.9 SMA Negeri 1 Palembang yang berjumlah 29 peserta didik. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (52,71%), siklus I (72,41%), dan siklus II (89,66%).
Kata Kunci: Kimia, Metode Demonstrasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11638
Article Metrics
Abstract view : 351 timesPDF - 726 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Eduan Rismansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.