KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA PAPAPER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV

Agista Nur Hidayah, Nur Khoiri, Ervina Eka Subekthi

Abstract


Abstrak: Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Papaper Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model talking stick dan media papaper (papan paku pertanyaan) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Dumeling Brebes. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis setelah mendapatkan perlakuan menunjukan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model talking stick dengan media papaper dapat mencapai KKM, berdasarkan rata-rata nilai pretest adalah 46,6 (kurang dari KKM) dan nilai rata-rata posttest menjadi 71,6. Hasil analisis tes ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa menunjukan mencapai KKM thitung = 3,64  > ttabel =1,70, maka Ho ditolak dan Ha diterima  dengan dk = n-1 dan α = 5%.

 

Kata Kunci: Keefektifan, Talking Stick, Media Papaper, Kemampuan Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11640

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agista Nur Hidayah, Nur Khoiri, Ervina Eka Subekthi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.