UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH (DC) MELALUI STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS

Yacobus Wakija

Abstract


Abstrak: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Rangkaian Arus Searah (DC) Melalui Strategi Pemecahan Masalah Sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (classroom action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA.4 SMA Negeri 1 Palembang  dengan jumlah 34 peserta didik.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu minimal peserta didik memperoleh nilai 80. Sedangkan untuk keberhasilan klasikal jika 85% dari  seluruh  peserta didik  memperoleh  nilai  ≥ 80.  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (52,94%), siklus I (73,53%), dan siklus II (91,18%).

 

Kata Kunci: Fisika, Hasil Belajar, Strategi Pemecahan Masalah Sistematis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11662

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yacobus Wakija

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.