ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK DI SD NEGERI GUGUS WILAYAH I KECAMATAN SELESAI

Dwi Afrilia, Nurhairani Nurhairani

Abstract


Abstrak: Analisis Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di SD Negeri Gugus Wilayah I Kecamatan Selesai. Tujuan penelitian adalah menganalisis kemampuan guru dalam menerapkan penilaian autentik dalam proses pembelajaran tematik di sd negeri gugus wilayah I yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu bersifat penggambaran keadaan secara naratif atau kata-kata apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik sebenarnya sudah dilaksanakan cukup baik, sebagian guru sudah melakukan penilaian autentik sesuai standar pemerintah yaitu menggunakan pedoman penilaian yang ada di buku guru. Namun ada juga guru yang sama sekali belum paham dan melaksanakan penilaian autentik.


Kata Kunci: Kemampuan Guru, Penilaian Autentik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i2.14239

Article Metrics

Abstract view : 214 times
PDF - 349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Afrilia, Nurhairani Nurhairani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.