MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS VII-B SMPN 2 TARUTUNG

Lasmaida Sihaloho

Abstract


Abstrak: Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kompetensi Dasar Gejala Alam Biotik dan Abiotik Pelajaran IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VII-B SMPN 2 Tarutung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPA. Subjek penelitian ini siswa Kelas VII-B SMPN 2 Tarutung berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil temuan penelitian persentasi hasil keaktifan belajar siswa berdasarkan pengamatan observer pada tindakan siklus I pertemuan I yaitu 71,52%, siklus I pertemuan II yaitu 72,30%, sedangkan persentasi siklus II pertemuan I yaitu 82,30%, siklus II pertemuan II yaitu 84,01%. Dengan demikian, penggunaan metode eksperimen terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.


Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Gejala Alam Biotik dan Abiotik, IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i2.14243

Article Metrics

Abstract view : 808 times
PDF - 862 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lasmaida Sihaloho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.