PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJAERAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI TRANSPORTATION KELAS III SD SWASTA PAB 20 BANDAR KLIPPA T.A 2020/2021

Anjely Sinaga, Naeklan Simbolon

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Transportation, (2) Mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Transportation, (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Transportation. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Swasta PAB 20 Bandar Klippa yang berjumlah 37 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, serta lembar soal pre-test dan post-test.Hasil penelitian menunjukkan; (1) Uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 92,72%, serta ahli media berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 96%, (2) Uji kepraktisan media pembelajaran yang diperoleh dari ketiga guru mata pelajaran bahasa Inggris di tiga sekolah yang berbeda, berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 94,67%, (3) Uji keefektifan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan nilai rata-rata sebesar 87,2 dan lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 61,5. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh peneliti layak, praktis dan efektif untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris di kelas III Sekolah Dasar.


Kata Kunci : Research and Development, Media pembelajaran, Multimedia Interaktif, Bahasa Inggris, Transportation.
Abstract : This study aims to: (1) Determine the feasibility of using interactive multimedia-based learning media in English for Transportation, (2) Knowing the practicality of using interactive multimedia-based learning media in English for Transportation materials, (3) Knowing the effectiveness of learning media based on interactive multimedia on English subjects, Transportation material. This type of research is a research development (Research and Development) using the 4-D model. The subjects in this study were students of class III SD Private PAB 20 Bandar Klippa, totaling 37 students. Data collection techniques in this study used interviews, questionnaires, and pre-test and post-test question sheets. The results showed; (1) The feasibility test of learning media by material experts is at a very decent qualification of 92.72%, and media experts are at a very decent qualification of 96%, (2) The practicality test of learning media is obtained from the three English subject teachers in three different schools, are in very feasible qualifications of 94.67%, (3) The effectiveness test shows that there is a significant difference between student learning outcomes using interactive multimedia-based learning media with an average score of 87.2 and higher. of students who were taught without using learning media with an average value of 61.5. Thus, it can be concluded that the interactive multimedia-based learning media developed by researchers is feasible, practical and effective to support English learning in class III elementary schools.
Keywords: Research and Development, Learning Media, Interactive Multimedia, English, Transportation.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v5i4.28201

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anjely Sinaga, Naeklan Simbolon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.