ANALISIS PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 2 TANJUNG AGUNG TIMUR
Abstract
Keywords: Understanding, Social Studies
Abstract : Analisis Pemahaman Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas VI Di SD Negeri 2 Tanjung Agung Timur. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Pemahaman Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VI di SD Negeri 2 Tanjung Agung Timur. Adapun Objek dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa pada materi sejarah ASEAN mata pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 2 Tanjung Agung Timur. Adapun informan dalam penelitian ini adalah subjek penelitian, yang berarti orang yang memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian. Metode penelitian yang menggunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengumpulan data (data collection), analisis data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (cunclusin drawing). Bedasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pemahaman pemahaman IPS sebesar dengan nilai rata-rata 74 yang termaksud dalam kategori cukup. Peranan guru terhadap pemahaman IPS materi sejarah ASEAN pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tanjung Agung Timur adalah guru menjelaskan materi kegiatan sejarah ASEAN sesuai dengan panduan menggunakan sumber belajar yang baik. Upaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran IPS guru harus dapat menguasai kelas dan menjadi guru yang menyenangkan.
Kata Kunci : Pemahaman, IPS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v6i2.33416
Article Metrics
Abstract view : 281 timesPDF - 327 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Reni Sasmita, Liza Murnivianti, Novianti Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.