ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPS PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 01 TANJUNG TEBAT
Abstract
Abstract : Analisis Pemahaman Konsep Ips Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 01 Tanjung Tebat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Tanjung Tebat dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif . Objek pada penelitian ini yaitu pemahaman konsep IPS dan Informan pada penelitian ini yaitu Guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjung Tebat. Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rancangan Milles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Tanjung Tebat dalam kategori cukup diperoleh dari rata-rata nilai tes yaitu 68,05. Untuk presentase pada indikator pemahaman konsep Mencontohkan 56%, Mengklasifikasikan 73%, Membandingkan 59%, Menjelaskan 68% dan Menyimpulkan 77%.
Kata Kunci : Analisis, Pemahaman Konsep IPS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v6i2.33583
Article Metrics
Abstract view : 383 timesPDF - 814 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lola Mida Andikasari, Tanzimah Tanzimah, Ida Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.