PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS GENDER DAN KEBHINEKAAN DI KELAS III SD SUBTEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul berbasis gender dan kebhinekaan di kelas III pada subtema perkembangan teknologi produksi pangan dan mengetahui kelayakan bahan ajar modul yang telah dikembangkan untuk peserta didik di SDN 193 Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) yang diawali dengan tahap analisis dilanjutkan tahap perancangan, pengembangan dan penilaian produk. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru, 2 siswa serta 2 ahli desain, 2 ahli bahasa, dan 2 ahli materi tematik. Hasil penelitian menunjukkan modul berbasis gender dan kebhinekaan yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas. Modul berbasis gender dan kebhinekaan di kelas III pada subtema perkembangan teknologi produksi pangan layak digunakan berdasarkan penilaian dari para ahli yaitu ahli materi dengan 94% dengan kriteria sangat valid, ahli desain 89% dengan kriteria sangat valid, dan ahli bahasa 87% dengan kriteria sangat valid. Adapun presentase rata-rata hasil validasi 90% dengan kategori valid tanpa revisi. Berdasarkan hal tersebut modul berbasis gender dan kebhinekaan di kelas III pada subtema perkembangan teknologi produksi pangan dinilai sangat valid untuk diimplementasikan.
Kata kunci : Gender, Kebhinekaan, Modul, Pengembangan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v6i3.35688
Article Metrics
Abstract view : 141 timesPDF - 86 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siti Aisyah, Zaka Hadikusuma Ramadan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.