PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP KUALITAS HASIL PEMBELAJARAN GURU SD NEGERI 020598 BINJAI SELATAN

Agung Pangestu, Erlinda Simanungkalit, Try Wahyu Purnomo, Dila Handayani

Abstract


Abstract : This study aims to determine the effect of pedagogic competence and IT-based learning aids on the quality of learning outcomes for teachers at SD Negeri 020598 Binjai Selatan. This type of research is a type of descriptive research with a quantitative approach. The instrument used to collect data was a questionnaire or questionnaire consisting of 16 questions for the x1 variable and 16 questions for the x2 variable. This type of research is included in the category of field research (Field Research). This is because data collection is carried out in the field, namely the educational institution of SD Negeri 020598 Binjai Selatan Binjai City. The type of field research used is quantitative research. The research conducted is a study with a population of 70 students, of which only 30 students were used as research samples. The data collection technique used in this research is to use a questionnaire and documentation. The data analysis technique used is linearity test, normality test, multicollinearity test, t test and F test. The results show that: a) pedagogic competence affects the quality of learning outcomes in accordance with the results of the t-test var x1 to y with a value of tcount = 1.190 > t table = 0.381 thus H0 is rejected and H1 is accepted; b) IT-based learning aids have no effect on the quality of learning outcomes according to the results of the t-test var x2 to y tcount = -0.398 > ttable = 0.381, thus H0 is accepted and Ha is rejected; c) there is no significant effect between teacher pedagogic competence and IT-based aids on the quality of learning outcomes at SD Negeri 020598 Binjai Selatan. This is evidenced by the results of the calculation of the score of the teacher pedagogical competency questionnaire with the student's UTS score obtained Fcount = 1.179 > Ftable = 3.354, thus H0 is accepted and Ha is rejected. This study aims to determine the effect of pedagogic competence and IT-based learning aids on the quality of learning outcomes for teachers at SD Negeri 020598 Binjai Selatan.

Keywords: Pedagogic Competence; IT-Based Tools, Learning Outcomes

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan alat bantu pembelajaran berbasis IT terhadap kualitas hasil pembelajaran guru SD Negeri 020598 Binjai Selatan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner terdiri dari 16 pertanyaan untuk variabel x1 dan 16 pertanyaan untuk variabel x2 yang jika dijumlahkan terdapat 32 pertanyaan yang telah divalidasi dan disebar di sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian. Jenis penelitian ini adalah termasuk dalam kategori penelitian lapangan (Field Research). Hal ini karena pengumpulan data dilakukan di lapangan yaitu lembaga pendidikan SD Negeri 020598 Binjai Selatan Kota Binjai. Adapun jenis penelitian lapangan yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan populasi 70 siswa yang dimana hanya sebanyak 30 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji linearitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap kualitas hasil pembelajaran sesuai dengan hasil uji t var x1 terhadap y dengan nilai thitung= 1,190 > ttabel=0,381 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima; b) alat bantu pembelajaran berbasis IT tidak berpengaruh terhadap kualitas hasil pembelajaran sesuai dengan hasil uji t var x2 terhadap y thitung= -0,398 > ttabel =0,381 dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak; c) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan alat bantu berbasis IT terhadap kualitas hasil pembelajaran di SD Negeri 020598 Binjai Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan skor angket kompetensi pedagogik guru dengan nilai UTS siswa diperoleh Fhitung= 1,179 > Ftabel =3,354 dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan alat bantu pembelajaran berbasis IT terhadap kualitas hasil pembelajaran guru SD Negeri 020598 Binjai Selatan.

 

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik; Alat Bantu Berbasis IT, Hasil   Pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v6i3.35962

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agung Pangestu, Erlinda Simanungkalit, Try Wahyu Purnomo, Dila Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.