PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADIIE, yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD, serta dapat mengetahui sebagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektivan dari LKPD yang telah dikembangkan. Nilai kevalidan diperoleh dari hasil validasi dari ahli madia, bahasa, dan materi yang mendapatkan nilai 91,33 dengan kategori penilaian sangat valid : nilai kepraktisan diperoleh dari hasil perhitungan angket respon peserta didik terhadap LKPD yang telah dikembangkan yang mendapatkan nilai 88,57% dengan kategori penilaian sangat praktis; sedangkan nilai keefektivan diperoleh dari hasil nilai post test yang di dapatkan oleh peserta didik yang mendapatkan nilai 83,33% dengan kategori penilaian sangat efektif.
Kata Kunci: LKPD, Inkuiri Terbimbing, IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v7i1.36585
Article Metrics
Abstract view : 189 timesPDF - 177 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Khabibatus Syakuroh, Imelda Ratih Ayu, Patricia H.M Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.