EFEKTIVITAS METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V
Abstract
Keyword: Metode learning start with a question, Hasil belajar
Abstrak: Efektivitas Metode Learning Start With a Question Terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas V. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang berupa pengetahuan atau pemahaman, keterampilan dan sikapyang diperoleh peserta didik selama berlangsungnya proses pembelajaran. Oleh karena itu, kesulitan yang sering muncul dalam menghadapi hasil belajar adalah kesulitan untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas metode learning start with a question terhadap hasil belajar IPS kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode learning start with a question terhadap hasil belajar IPS kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dari hasi uji hipotesis didapatkan nilai thitung = 11,612 jika dibandingkan dengan ttabel = 1,67 maka nilai 11,612 > 1,67 dalam hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima maka dari itu hipotesis penelitian ini adalah metode learning start with a question efektiv terhadap hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas VA. Hasil belajar IPS tersebut bisa ditingkatkan melalui metode yang digunakan guru dalam mengajar. Salah satu metode yang efektiv dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas V adalah metode learning start with a question.
Kata Kunci: Metode Learning Start With a Question, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v7i1.36789
Article Metrics
Abstract view : 102 timesPDF - 70 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lia Marlina Simanjuntak, Ilham Arvan Junaidi, Ida Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.