KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MEDIA PUZZLE SEBAGAI SOLUSI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Elvira Maharani, Ervi Rahmadani, Mardi Taqwim

Abstract


Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui gambaran aktivitas dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa serta untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri siswa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media puzzle pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas III SDN 41 Batu Putih Kota Palopo yang berjumlah 15 orang. Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri atas beberapa siklus yang setiap siklus terdiri dari empat langkah-langkah yaitu perencanaan, pelasksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi dengan menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata aktivitas pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Numbered Heads Together berbantuan media puzzle pada aspek guru sebesar 58%, sedangkan pada aspek siswa sebesar 46% yang termasuk kategori cukup, sehingga tingkat percaya diri siswa hanya berada pada kategori kurang dengan persentase sebesar 54%. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan pada siklus II yaitu rata-rata pelaksanaan aspek observasi guru sebesar 88% sedangkan pengamatan aktivitas siswa secara klasikal menunjukkan rata-rata sebesar 85% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa rata-rata perolehan hasil angket siswa pada siklus II sebesar 85% dengan kategori sangat baik yang menunjukkan kenaikan sebesar 31% dari siklus I.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v8i1.52545

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elvira Maharani, Ervi Rahmadani, Mardi Taqwim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.