UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V-A SD NEGERI 050692 BATANG SERANGAN

Authors

  • Misni Ernawati Guru SD Negeri 050692 Batang Serangan

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v1i1.6297

Abstract

Abstrak : Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Time Token Pada Mata Pelajaran PAI  Di Kelas V-A SD Negeri 050692 Batang Serangan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif time token di kelas V-A SD Negeri  No. 050692 Batang Serangan. Subjek  penelitian berjumlah 21 orang. Berdasarkan penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas mengerjakan dalam diskusi dari 23% menjadi 45% dan aktivitas bertanya pada teman dari 13% menjadi 16%. Sedangkan aktivitas menulis dari 43% menjadi 23% dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM dari 10% menjadi 5% mengalami penurunan. 2) Pada siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas individu sedangkan kelas belum tuntas dan pada sikus II terdapat 18 siswa yang tuntas individu dan kelas sudah tuntas.  Kata Kunci : Model Time Token, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Author Biography

Misni Ernawati, Guru SD Negeri 050692 Batang Serangan

Guru SD Negeri 050692 Batang Serangan

Downloads

How to Cite

Ernawati, M. (2017). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V-A SD NEGERI 050692 BATANG SERANGAN. JS (JURNAL SEKOLAH), 1(1), 157–166. https://doi.org/10.24114/js.v1i1.6297