IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SD NEGERI 058112 PUJI DADI

Authors

  • Khaidir Khaidir Guru SD Negeri 058112 Puji Dadi

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v1i1.6306

Abstract

Abstrak: Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Pesawat Sederhana  Siswa Kelas V SD Negeri 058112 Puji Dadi. Data aktivitas siswa  pada siklus I antara lain menulis,membaca (46,5%) mengerjakan LKS (28,5 %), bertanya sesama teman (11,5%),   bertanya kepada guru (10,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (3,5%).Data aktivitas siswa menurutpengamatanpada siklus II antara lain menulis, membaca (21,5%), mengerjakan LKS (46,5%), bertanya sesama teman (17,5%), bertanya kepada guru (13,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (1%). Pada siklus I menunjukkan tuntas individunya sebanyak 7 orang dengan tuntas kelas sebesar 62,1%. Pada siklus II tuntas individu 19 orang dengan tuntas kelas sebesar 86,4%. Rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi formatif I dan formatif II menunjukkan 59,1 dan 80,9 dari data tersebut menunjukkan tuntas sesuai dengan KKM IPA kelas V.  Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Siswa

Author Biography

Khaidir Khaidir, Guru SD Negeri 058112 Puji Dadi

Guru SD Negeri 058112 Puji Dadi

Downloads

How to Cite

Khaidir, K. (2017). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SD NEGERI 058112 PUJI DADI. JS (JURNAL SEKOLAH), 1(1), 147–156. https://doi.org/10.24114/js.v1i1.6306