MENEMUKAN RELEVANSI TEORI KLASIK DI ERA MODERN: PENERAPAN TEORI BEHAVIORISME DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER

Authors

  • Pipit Firmanti Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Septian Prawijaya Universitas Negeri Medan
  • Yoga Saktiarsa Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Budi Astuti Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i2.64824

Abstract

Abstract: This article explores the relevance of classical theories, particularly behaviorism, in the context of modern education and student character formation. Behaviorism, which emphasizes the observation of behavior as a result of stimulus and response, provides a solid foundation for developing effective educational strategies. Through the application of behaviorist principles, such as positive reinforcement and experience-based learning, this article identifies ways in which this approach can be used to shape student character in a challenging modern era. The research subjects consist of fifth-grade students and teachers at Al Azhar Elementary School in Medan. The results indicate that behaviorist theory is reflected in activities such as praying before and after lessons, memorizing Qur’anic verses, implementing Problem-Based Learning (PBL) models, and engaging with interactive learning games. This aligns with behavioristic learning theories, from connectionism and classical conditioning to contiguity and operant conditioning. It can be concluded that although behaviorism originates from a different context, its principles remain relevant and adaptable to meet educational goals in the modern era, especially in shaping student character. Additionally, more creative and open approaches to critical thinking can complement the effectiveness of behaviorism in learning, such as gamified learning applications, e-learning, and adaptive learning. Keyword: Relevance of Classical Theory, Application of Behaviorist Theory, Character Building Abstrak: Artikel ini mengeksplorasi relevansi teori klasik, khususnya teori behaviorisme, dalam konteks pendidikan modern dan pembentukan karakter siswa. Teori behaviorisme, yang berfokus pada pengamatan perilaku sebagai hasil dari stimulus dan respons, memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan strategi pendidikan yang efektif. Melalui penerapan prinsip-prinsip behaviorisme, seperti penguatan positif dan pembelajaran berbasis pengalaman, artikel ini mengidentifikasi bagaimana pendekatan ini dapat digunakan untuk membentuk karakter siswa di era modern yang penuh tantangan. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Al Azhar Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penerapan teori behaviorisme terdapat dalam kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, menghafal ayat Al Qur’an, penerapan model PBL, serta pembelajaran dengan game interaktif. Hal ini sejalan dengan teori belajar behaviouristik, mulai teri teori koneksionisme, penkondisiaan klasik, pengkondisian kontiguitas, dan pengkondisian operan Dapat disimpulkan bahwa meskipun teori behaviorisme berasal dari konteks yang berbeda, prinsip-prinsipnya tetap relevan dan dapat diadaptasi untuk memenuhi tujuan pendidikan di era modern terutama untuk pembentukan karakter siswa. Selain itu, pendekatan yang lebih kreatif dan terbuka terhadap pemikiran kritis juga dapat melengkapi efektivitas teori behaviorisme dalam pembelajaran, seperti aplikasi pembelajaran yang gamifikatif, e-learning, dan pembelajaran adaptif. Kata Kunci: Relevansi Teori Klasik, Penerapan Teori Behaviorisme, Pembentukan Karakter.

Downloads

Published

2025-03-02

How to Cite

Firmanti, P., Prawijaya, S., Saktiarsa, Y., & Astuti, B. (2025). MENEMUKAN RELEVANSI TEORI KLASIK DI ERA MODERN: PENERAPAN TEORI BEHAVIORISME DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER . JS (JURNAL SEKOLAH), 9(2), 178–192. https://doi.org/10.24114/js.v9i2.64824

Issue

Section

Articles