MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOLABORASI SEBAGAI KETERAMPILAN ABAD 21 DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i2.64828Abstract
Absract: Collaboration skills are 21st century skills that are very important to be trained to learners, especially to students as a provision for entering the world of work.. Collaboration skills can be trained in learning with a continuous process through the right learning model and teaching materials. This study aims to see the effect of the Project Based Learning (PjBL) learning model using teaching materials developed with the PjBL model on collaboration skills and improving student learning outcomes in the Kapita Selecta Chemistry course. In addition, a correlation test was conducted to see if there was a positive and significant correlation between collaboration skills and improved student learning outcomes. This study involved 32 students of Chemistry Education study program. The instrument used to measure collaboration skills is an observation sheet rubric, while the instrument used to measure the improvement of student learning outcomes is in the form of multiple choice questions of 20 questions that have been valid and reliable. The results showed that the application of the PjBL learning model using teaching materials developed in accordance with the PjBL learning model can train student collaboration skills with a percentage of 85.42% with a very high category and can improve student learning outcomes of 77.1% with an effective category. This study shows that there is a positive and significant correlation between collaboration skills and improving student learning outcomes in capita selecta courses (sig.2-tailed 0.000 <0.05). Keyword: Collaboration Skills, Project Based Learning, Capita Selekta Kimia Abstrak: Keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan abad 21 yang sangat penting untuk dilatihkan kepada peserta didik, khususnya kepada mahasiswa sebagai bekal untuk masuk dalam dunia kerja. Keterampilan kolaborasi dapat dilatih dalam pembelajaran dengan proses yang terus-menerus melalui model pembelajaran dan bahan ajar yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan model PjBL terhadap keterampilan kolaborasi dan peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kapita Selekta Kimia. Selain itu dilakukan uji korelasi untuk melihat apakah terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara keterampilan kolaborasi terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 32 orang mahasiswa program studi Pendidikan Kimia. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan kolaborasi berupa rubrik lembar observasi, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar mahasiswa berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL menggunakan bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan model pembelajaran PjBL dapat melatih keterampilan kolaborasi mahasiswa dengan hasil persentase 85,42% dengan kategori sangat tinggi serta dapat meningkatkan hasil belajar mahassiwa yang sebesar 77,1% dengan kategori efektif. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasiyang positif dan signifikan antara keterampilan kolaborasi dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kapita selekta (sig.2-tailed 0,000 <0,05). Kata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Project Based Learning, Kapita Selekta KimiaDownloads
Published
2025-03-03
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Dewi Syafriani, Susilawati Amdayani, Dwy Puspita Sari, Mutiara Agustina Nst

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.