PROGRAM POJOK BACA UNTUK PENINGKATAN LITERASI BACA TULIS SISWA SD

Authors

  • Silma Dahria Nur Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Almuntaqo Zainuddin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i2.64838

Abstract

Abstract: This research aims to analyze the implementation of the Reading Corner Program in improving the reading and writing literacy of students at SDN Suruh 2. The method used is qualitative descriptive research with an ethnographic approach. Research instruments include interviews, observation, and documentation, while data analysis techniques use the Miles & Huberman model: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results showed that the Reading Corner Program was able to gradually increase students' interest and reading and writing skills. This program also contributes to building reading habits from an early age and improving understanding of texts. However, there are several obstacles in the availability of varied books and low motivation to read among some students. Therefore, more innovative strategies are needed to increase the effectiveness of this program in supporting school literacy culture on an ongoing basis. Keyword: Literacy reading and writing, Reading corner, ethnography, elementary school Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Program Pojok Baca dalam meningkatkan literasi baca tulis siswa SDN Suruh 2. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen penelitian mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Pojok Baca mampu meningkatkan minat dan keterampilan membaca serta menulis siswa secara bertahap. Program ini juga berkontribusi dalam membangun kebiasaan membaca sejak dini dan meningkatkan pemahaman terhadap teks. Namun, terdapat beberapa kendala dalam ketersediaan buku yang bervariasi serta rendahnya motivasi membaca pada sebagian siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih inovatif untuk meningkatkan efektivitas program ini dalam mendukung budaya literasi sekolah secara berkelanjutan. Kata Kunci: Literasi baca tulis, Pojok baca, etnografi, sekolah dasar

Downloads

Published

2025-03-10

Issue

Section

Articles