PENGARUH SUMBER PEMBELAJARAN BERBASIS AI CHATGPT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i2.64842Abstract
Abstract: This research discusses the influence of AI ChatGPT-based learning resources on the learning outcomes of Electrical Engineering Education students at the State University of Malang. Using an ex post facto qualitative approach method, by analyzing data from 51 students consisting of Electrical Engineering Education classes A and B. From the results of this research it was found that there was an influence of AI ChatGPT on student learning outcomes in increasing learning motivation and supporting students' critical thinking skills. However, in this research it was found that there was an impact of student dependency when using ChatGPT, making students lazy and less likely to think critically independently. Therefore, academic balance needs to be balanced in using ChatGPT wisely. Keyword: AI ChatGPT, Students, Qualitative Ex post facto, Influence Abstrak: Penelitian ini membahas tentang pengaruh sumber pembelajaran berbasis AI ChatGPT terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatfi ex post facto, dengan menganalisis data sejumlah 51 mahasiswa yang terdiri dari kelas Pendidikan Teknik Elektro A dan B. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahawa adanya pengaruh dari AI ChatGPT terhadap hasil belajar mahasiswa dalam meningkatkan motivasi belajar dan mendukung keterampilan berfikir kritis mahasiswa. Namun, pada penelitian ini ditemukan bahwa adanya dampak keteragntungan mahasiswa saat menggunakan ChatGPT sehingga membuat mahasiswa menjadi malas dan cenderung kurangnya berfikir kritis secara mandiri. Oleh karena itu perlu diimbangi akademik dalam penggunaan ChatGPT dengan bijak. Kata Kunci: AI ChatGPT, Mahasiswa, Kualitatif Ex post facto, PengaruhDownloads
Published
2025-03-18
How to Cite
Bunga Devi Ariyanti, A., & Sakti Gunawan Irianto, W. (2025). PENGARUH SUMBER PEMBELAJARAN BERBASIS AI CHATGPT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN . JS (JURNAL SEKOLAH), 9(2), 292–301. https://doi.org/10.24114/js.v9i2.64842
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Amanda Bunga Devi Ariyanti, Wahyu Sakti Gunawan Irianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.