PENGARUH PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR DAN KEMAMPUAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS DIGITAL TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU INOVATIF

Authors

  • Intan Sassabila Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik,Universitas Negeri Malang
  • Yuni Rahmawati Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik,Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i2.64866

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the influence of the teaching assistance program and digital-based pedagogical competence on students' readiness to become innovative teachers. The research method used is quantitative with an Ex Post Facto design. Data collection was conducted through questionnaires and statistical analysis using SPSS software. The results show that the teaching assistance program (r = 0.568; p = 0.000) and digital-based pedagogical competence (r = 0.540; p = 0.000) significantly influence readiness to become innovative teachers. Simultaneously, both variables contribute strongly (r = 0.647; p = 0.000). Students with teaching assistance experience and digital pedagogical competence are better prepared to implement innovative teaching strategies. The integration of practical experience and digital technology plays a crucial role in shaping students’ readiness as innovative teachers in the digital era. Keyword: Teaching Assistance program,Digital Pedagpgical ,Innovative Teacher Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program asistensi mengajar dan kompetensi pedagogik berbasis digital terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru inovatif. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Ex Post Facto. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan analisis stastik menggunakan software SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program asisttensi mengajar ( r = 0,568;p=0,000) dan kompetensi pedagogik berbasis digital ( r = 0,540; p = 0,000) berpengaruh signifikan terhadap kesiapan menjadi guru inovatif.Secara simultan,kedua variabel berkontribusi kuat (r = 0,647; p = 0,000).Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan pengalaman asistensi mengajar dan kompetensi pedagogik berbasis digital akan lebih siap dalam menerapkan strategi pembelajaran inovatif.Integrasi pengalaman praktis dan pemanfaatan teknologi digital berperan penting dalam membentuk kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang inovatif di era digital. Kata Kunci: Program Asistensi Mengajar,Kompetensi Pedagogik Digital,Guru Inovatif

Downloads

Published

2025-03-18

Issue

Section

Articles