MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI KERUSAKAN ALAM
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.64897Abstract
Abstrak: Kemampuan literasi sains peserta didik di sekolah dasar yang masih kurang terutama dalam memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi terkait kerusakan alam. Penelitian ini terdapat tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik sekolah dasar melalui model project based learning pada materi kerusakan alam. Metode yang diterapkan untuk penelitian ini berbentuk quasi eksperimen melalui desain pretest-posttest control group, melibatkan 50 peserta didik di SDN Kepuh Kiriman 1 Waru. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi sains. Hasil penelitian membuktikan model project based learning meningkatkan kemampuan literasi sains secara signifikan. Peserta didik menujukkan kemampuan memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi sains terkait kerusakan alam. Pada Hasil uji hipotesis melalui teknik pengujian uji Independent sample t-test apabila nilai Sig < 0,05 dinyatakan sesuai keputusan mengenai Ha diterima dan Ho ditolak, pada penelitian ini menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05, dalam nilai signifikasi 0,000, dengan makna Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi mampu diperoleh kesimpulan model project based learning efektif untuk meningktakan kemampuan literasi sains peserta didik kelas 5. Kata Kunci: Project Based Learning, Kemampuan Literasi SainsDownloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Ulumiyah, R., Wardani, I. S., & Ladyawati, E. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI KERUSAKAN ALAM. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 601–610. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.64897
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Rosyidatul Ulumiyah, Imas Srinana Wardani, Erlin Ladyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.