MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI KERUSAKAN ALAM

Authors

  • Rosyidatul Ulumiyah Universitasi PGRI Adi Buana Surabaya
  • Imas Srinana Wardani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Erlin Ladyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i3.64897

Abstract

Abstrak: Kemampuan literasi sains peserta didik di sekolah dasar yang masih kurang terutama dalam memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi terkait kerusakan alam. Penelitian ini terdapat tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik sekolah dasar melalui model project based learning pada materi kerusakan alam. Metode yang diterapkan untuk penelitian ini berbentuk quasi eksperimen melalui desain pretest-posttest control group, melibatkan 50 peserta didik di SDN Kepuh Kiriman 1 Waru. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi sains. Hasil penelitian membuktikan model project based learning meningkatkan kemampuan literasi sains secara signifikan. Peserta didik menujukkan kemampuan memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi sains terkait kerusakan alam. Pada Hasil uji hipotesis melalui teknik pengujian uji Independent sample t-test apabila nilai Sig < 0,05 dinyatakan sesuai keputusan mengenai Ha diterima dan Ho ditolak, pada penelitian ini menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05, dalam nilai signifikasi 0,000, dengan makna Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi mampu diperoleh kesimpulan model project based learning efektif untuk meningktakan kemampuan literasi sains peserta didik kelas 5. Kata Kunci: Project Based Learning, Kemampuan Literasi Sains

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ulumiyah, R., Wardani, I. S., & Ladyawati, E. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI KERUSAKAN ALAM. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 601–610. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.64897

Issue

Section

Articles