PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL TGT BERBANTUAN WORDWALL BAGI SISWA KELAS 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65309Abstract
Abstrak: Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar kerap menghadapi berbagai tantangan, padahal kemampuan berkomunikasi dalam bahasa ini penting untuk mendukung keberhasilan belajar. Tujuan dari studi yang dilaksanakan yaitu guna menganalisis peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris dengan pengimplementasian model Cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall. Jenis studi ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada dua siklus. Subjek studi ini adalah 24 siswa kelas IV SDN Pengkol 01. Teknik dalam mengumpulkan data yang dipergunakan mencakup observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes hasil belajar. Hasil riset mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 32% dari siklus I hingga siklus II. Bisa ditarik kesimpulan jika penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dibantu media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV SD. Kata Kunci: Bahasa Inggris, TGT, Hasil Belajar, WordwallDownloads
Published
2025-06-29
How to Cite
Hakiki, E. A., Pratiwi, V. U., & Antana, A. S. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL TGT BERBANTUAN WORDWALL BAGI SISWA KELAS 4 SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 497–506. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65309
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Elfira Amalia Hakiki, Veronika Unun Pratiwi, Agus Sri Antana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.