PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL TGT BERBANTUAN WORDWALL BAGI SISWA KELAS 4 SD

Authors

  • Elfira Amalia Hakiki Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Veronika Unun Pratiwi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Agus Sri Antana SDN Pengkol 01

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65309

Abstract

Abstrak: Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar kerap menghadapi berbagai tantangan, padahal kemampuan berkomunikasi dalam bahasa ini penting untuk mendukung keberhasilan belajar. Tujuan dari studi yang dilaksanakan yaitu guna menganalisis peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris dengan pengimplementasian model Cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall. Jenis studi ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada dua siklus. Subjek studi ini adalah 24 siswa kelas IV SDN Pengkol 01. Teknik dalam mengumpulkan data yang dipergunakan mencakup observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes hasil belajar. Hasil riset mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 32% dari siklus I hingga siklus II. Bisa ditarik kesimpulan jika penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dibantu media Wordwall  dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV SD. Kata Kunci: Bahasa Inggris, TGT, Hasil Belajar, Wordwall

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Hakiki, E. A., Pratiwi, V. U., & Antana, A. S. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL TGT BERBANTUAN WORDWALL BAGI SISWA KELAS 4 SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 497–506. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65309

Issue

Section

Articles