PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Novia Dwi Ramadhani Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Rapani Rapani
  • Deviyanti Pangestu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung
  • Fadhilah Khairani

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65319

Abstract

Abstract: The problem addressed in this study was the low level of critical thinking skills among fourth-grade students at SD Negeri 1 Gantiwarno. This research aimed to determine the effect of implementing the outdoor learning method on students' critical thinking skills. A Quasi-Experimental Design was employed, specifically using a Non-equivalent Control Group Design. The sampling technique used was non-probability sampling, with a total population and sample of 47 students. Data were collected through both test and non-test methods. The data were then analyzed using an independent sample t-test. The results of the hypothesis testing using the t-test showed a significant difference in students’ critical thinking skills due to the implementation of the outdoor learning method in the IPAS subject for fourth-grade students at SD Negeri 1 Gantiwarno  Keyword: critical thinking, IPAS, outdoor learning, elementary school   Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 47 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t mendapatkan hasil yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dari penerapan metode outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno. Kata Kunci: berpikir kritis, IPAS, outdoor learning, sekolah dasar  

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Ramadhani, N. D., Rapani, R., Pangestu, D., & Khairani, F. (2025). PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 482–486. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65319

Issue

Section

Articles