PENGEMBANGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65502Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan pendekatan saintifik berbasis digital terhadap pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) ini dilakukan untuk proses pengembangan pendekatan saintifik berbasis digital untuk anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Bolano Lambunu. Berdasarkan penilaian ahli materi anak usia dini, ahli sains, dan ahli media digital, serta diuji cobakan kepada anak kelompok B. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatiom, dan Evalution). Ahli Materi anak usia dini menunjukkan skor 93,75% sedangkan ahli sains menunjukkan skor 96,42% dan ahli media digital menunjukkan skor 86,15% dengan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Setelah dilakukan uji coba kepada anak usia 5-6 tahun dengan 4 tahapan perkembangan yang ingin distimulasi yaitu tahapan mengenal, mengelompokkan, melakukan dan mengkomunikasikan. Menunjukkan bahwa produk pembelajaran sains berbasis digital dengan pendekatan saintifik dikatakan layak dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran sanis anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Digital, Pembelajaran SainsDownloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Afianti, R., Agusniatih, A., Awalunisah, S., & Gagaramusu, Y. M. (2025). PENGEMBANGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 611–621. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65502
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Rika Afianti iik, Andi Agusniatih, Sita Awalunisah, Yusdin Mahmudin Gagaramusu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.