PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP PENINGKATAN RESILIENSI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65503Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap peningkatan resiliensi anak di TK Negeri Pembina Melati Tondo. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji t. Berdasarkan nilai rata-rata, sebelum diberikan perlakuan, 0% anak berada dalam kategori Sangat Tinggi (ST), 13,33% dalam kategori Tinggi (T), 37,78% dalam kategori Sedang (S), dan 48,49% dalam kategori Rendah (R). Setelah perlakuan, terjadi peningkatan dengan 51,11% anak masuk dalam kategori Sangat Tinggi (ST), 24,44% dalam kategori Tinggi (T), 24,44% dalam kategori Sedang (S), dan 0% dalam kategori Rendah (R). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan memecahkan masalah (problem-solving), keterampilan sosial (social skills), dan optimisme anak setelah mengikuti permainan tradisional lompat tali. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t hitung 10,917, yang lebih besar dari t tabel 1,72654 (10,917 ≥ 1,72654) H₀ ditolak dan H₁ diterima, yang berarti permainan tradisional lompat tali berpengaruh terhadap peningkatan resiliensi anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. Kata Kunci: Permainan Tradisional Lompat Tali, Resiliensi, Anak Usia DiniDownloads
Published
2025-06-29
How to Cite
Rahmayanti, N., Durrotunnisa, Setianingsih, H. P., & Zuama, S. N. (2025). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP PENINGKATAN RESILIENSI ANAK : . JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 543–552. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65503
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Nurul Rahmayanti Nuu, Durrotunnisa, Hesti Putri Setianingsih, Shofyanti Nur Zuama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.