ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF OMAH SI DOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65571Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan media pembelajaran interaktif Omah Si Dol untuk meningkatkan hasil belajar IPA Sekolah Dasar. Metode yang diterapkan pada penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif, instrumen penelitian berupa wawancara, angket, serta observasi langsung secara langsung di lapangan. Adapun teknik analisis data yang diterapkan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya, diketahui bahwa capaian belajar siswa masih tergolong rendah, baik dari aspek pemahaman konsep maupun keterampilan proses IPA. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran, yaitu hanya mengandalkan buku teks, LKS, presentasi PowerPoint, serta gambar. Mayoritas siswa dengan persentase 86,7% siswa menyatakan lebih tertarik pada media pembelajaran interaktif. Temuan dalam penelitian ini dapat dijadikan landasan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Omah Si Dol yang memiliki kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran Interaktif, Hasil BelajarDownloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Trisniningsih, R., Widodo, W., & Suryanti. (2025). ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF OMAH SI DOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 622–632. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65571
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Retno Trisniningsih, Wahono Widodo, Suryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.