PENGARUH PENGGUNAAN GAME DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65714Abstract
Abstrak: Penelitian ini menyelidiki secara mendalam pengaruh sinergis antara pemanfaatan game edukatif dan pemberian reward terstruktur terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V di SDN 141 Pekanbaru. Bertolak dari asumsi bahwa keterlibatan aktif dan penguatan positif merupakan katalisator esensial dalam menstimulasi intrinsik dan ekstrinsik motivasi belajar, penelitian ini mengadopsi desain quasi eksperimen dengan kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis kuantitatif secara statistik menunjukkan bahwa implementasi game edukatif secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen. Rerata skor motivasi belajar kelompok eksperimen tercatat sebesar 5,708, sebuah peningkatan yang signifikan secara statistik pada tingkat signifikansi α=0.05 (p<0.05). Temuan ini mengimplikasikan bahwa integrasi elemen game dan reward ke dalam proses pembelajaran memiliki potensi transformatif dalam membangkitkan engagement dan gairah belajar siswa. Menariknya, analisis lebih lanjut pada kelompok kontrol memperlihatkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) antara pretest dan posttest, mengindikasikan adanya perubahan motivasi belajar meskipun tanpa intervensi game dan reward. Fenomena ini mengisyaratkan adanya faktor-faktor kontekstual lain yang turut berperan dalam dinamika motivasi belajar siswa. Implikasi pedagogis dari penelitian ini menyoroti urgensi mempertimbangkan game edukatif sebagai inovasi pembelajaran yang berpotensi memberdayakan motivasi belajar siswa secara efektif. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi secara komprehensif mekanisme mediasi dan moderasi yang mendasari pengaruh game dan reward terhadap motivasi belajar, serta mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual lain yang mungkin berkontribusi terhadap perubahan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Game, reward, Motivasi siswaDownloads
Published
2025-06-28
How to Cite
Lestari, W., & Hadiyanti , P. O. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN GAME DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 455–464. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65714
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Widia Lestari, Putri Octa Hadiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.