PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA GENERASI ALPHA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65761Abstract
Abstrak: Generasi Alphan, yang lahir di era perkembangan teknologi pesat, memiliki pola komunikasi yang dipengaruhi oleh media digital. Bahasa yang digunakan oleh Generasi Alpha sering kali mencerminkan tren terkini dan norma sosial yang berkembang di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan bahasa generasi Alpha terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah dasar, khususnya memberikan rekomendasikan bagi pendidik dan orangtua tentang cara cara mendukung perkembangan karakter siswa melalui pengawasan dan pembelajaran bahasa yang positif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan prosedur pengumpulan data penyebaran kuesioner. Hasil penelitian penggunaan bahasa gaul/slang telah menjadi fenomena yang signifikan dalam komunikasi generasi Alpha saat ini. Mayoritas responden 73,3% sering menggunakan bahasa gaul dalam komunikasi sehari-hari, dengan 80% melihatnya sebagai bentuk ekspresi diri. Menariknya, responden memiliki kesadaran kritis terhadap dampak penggunaan bahasa gaul, di mana 53,3% menganggapnya sebagai kemajuan berbahasa, namun 73,3% khawatir akan potensi kemunduran bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kesimpulannya, generasi Alpha berada dalam fase transformasi linguistik yang dinamis, di mana mereka mencari keseimbangan antara ekspresi diri melalui bahasa informal dan upaya menjaga integritas bahasa Indonesia yang baik dan benar, mencerminkan kemampuan adaptif dan reflektif mereka dalam menghadapi perubahan bahasa di era digital. Kata kunci : Generasi Alpha, Bahasa Indonesia, Pendidikan KarakterDownloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Morelent, Y., Azkiya, H., Desa, Y. P., Amelia, L., & Hadi, V. R. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA GENERASI ALPHA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 659–666. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65761
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Yetty Morelent, Hidayati Azkiya, Yenda Partila Desa, Laura Amelia, Vahmil Riffani Hadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.