ANALISA PENERAPAN METODE SENTRA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH RA. UMMI FAQIHAH

Authors

  • Mursal Aziz STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Tarmiji Siregar STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Fitri Yanti Ritonga STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65810

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Sentra dalam pendidikan anak usia dini di RA Ummi Faqihah. Penelitian ini menyelidiki bagaimana metode ini diterapkan dalam praktik, dampaknya terhadap perkembangan anak, serta peran guru sebagai fasilitator dalam proses tersebut. Penelitian ini juga mengkaji tantangan yang dihadapi oleh pendidik di kelas ketika menggunakan pendekatan ini. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan guru, dan dokumentasi kegiatan kelas. Penelitian ini berfokus pada interaksi anak-anak dengan berbagai sentra tematik, termasuk sentra seni, bahasa, dan keterampilan sosial. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi pola dan hasil dari penerapan metode ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Berbasis Sentra efektif dalam mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan motorik anak. Dengan menyediakan sentra tematik yang disesuaikan dengan minat anak, metode ini mendorong partisipasi aktif dan merangsang kreativitas. Namun, tantangan seperti manajemen waktu, pengaturan ruang, dan ketidaksetaraan partisipasi di antara anak-anak teridentifikasi sebagai hambatan. Guru memainkan peran penting dalam membimbing, mengamati, dan memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai di setiap sentra. Kata Kunci: Sentra, PAUD, Pengembangan Kognitif, Guru

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Aziz, M., Siregar, T., & Ritonga, F. Y. (2025). ANALISA PENERAPAN METODE SENTRA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH RA. UMMI FAQIHAH. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 532–542. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65810

Issue

Section

Articles