A LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI METODE PEER-TUTORING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.66344Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan tinjauan pustaka mengenai implementasi metode peer tutoring dalam pembelajaran bahasa Inggris. Peer tutoring merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan interaksi antara sesama siswa, di mana satu siswa berperan sebagai tutor bagi siswa lainnya. Metode ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan berbagai keterampilan berbahasa, seperti berbicara (speaking), mendengarkan (listening), membaca (reading), dan menulis (writing). Selain itu, penerapan peer tutoring juga berdampak positif terhadap motivasi belajar, kepercayaan diri, serta pengembangan karakter sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis sepuluh jurnal akademik yang membahas efektivitas peer tutoring dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode ini mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif, sehingga meningkatkan hasil pembelajaran secara signifikan. Namun, beberapa tantangan dalam implementasi peer tutoring, seperti kesulitan komunikasi, manajemen waktu, dan kurangnya keterampilan mengajar dari tutor sebaya, juga diidentifikasi dalam penelitian ini. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang, termasuk pelatihan bagi tutor sebaya, agar metode ini dapat diterapkan secara optimal. Dengan demikian, peer tutoring merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris, dengan catatan bahwa tantangan yang ada dapat diatasi melalui strategi pendukung yang tepat. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris, tinjauan pustaka, keterampilan berbahasa, motivasi belajarDownloads
Published
2025-06-29
How to Cite
Leihitu, S. P. M., Degeng, M. D. K., & Wedi, A. (2025). A LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI METODE PEER-TUTORING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 553–563. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.66344
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Sharly Leihitu, Made Duananda Kartika Degeng, Agus Wedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.