PENGEMBANGAN PERMAINAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GAME BASED LEARNING MATERI ARUS LISTRIK PADA SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.67271Abstract
Abstrak: Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan bahan belajar berupa permainan digital Fisika berbasis game. Metode penelitian yang digunakan yakni Model R&D dengan merujuk pola model pengembangan yang diadaptasikan dari Lee dan Owens. Tahapan pengembangan media menurut Lee & Owen sebagai berikut: (1) Asessment and Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Subyek penelitian adalah 35 siswa kelas 10 SMKN 2 Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Untuk mengukur kefektifian modul digital berbasis game adalah dengan angket respon siswa serta menggunakan tes kemampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (posttest). Hasil pengembangan diperoleh dari uji validasi ahli materi mendapatkan hasil 0,93 atau 93%. Materi yang terkandung pada Permainan Digital Fisika Materi Arus Listrik Berbasis Game (Game-Based Digital Module) dinilai sangat valid sehingga modul digital tersebut layak untuk diuji cobakan kepada peserta didik. Hasil validasi media mendapatkan hasil 0,84 atau 84%, berarti bahwa media valid membantu kegiatan belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Skor angket respon siswa 0,968 atau 96,8%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa modul digital Fisika berbasis game dinilai efektif digunakan dalam pembelajaran, hal tersebut berdasarkan hasil dari uji paired sample t-test yakni didapatkan nilai sig.(2-Tailed) adalah 0,000<0,05. Kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai tes kemampuan awal (pre test) dan nilai tes kemampuan akhir (post test). Perbedaan tersebut membawa pada kesimpulan efektivitas pembelajaran. Kata Kunci: Modul Digital, Pembelajaran Berbasis Permainan Digital, Fisika Arus ListrikDownloads
Published
2025-06-29
How to Cite
Afidah, A. N., Praherdhiono, H., & Kurniawan, C. (2025). PENGEMBANGAN PERMAINAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GAME BASED LEARNING MATERI ARUS LISTRIK PADA SISWA SMK. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 507–521. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.67271
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Atik Nurul Afidah, Henry Praherdhiono, Citra Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.