PENERAPAN PROGRAM CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.67342Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak program Calistung terhadap keterampilan literasi dan numerasi siswa kelas 3 SD N 1 Lebak. permasalahan yang dibahas adalah rendahnya kemampuan literasi dan numerasi yang berpengaruh pada prestasi akademik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data diperoleh melalui tes literasi numerasi sebelum dan setelah penerapan program. Hasil uji T menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (T-hitung > T-tabel, sig < 0,05). Nilai R-Square 0,506 mengindikasikan pengaruh positif program Calistung terhadap peningkatan literasi numerasi, dengan rata-rata skor eksperimen 77 dan kontrol 57. Kata Kunci: Literasi Numerasi, Calistung, Peserta DidikDownloads
Published
2025-06-29
How to Cite
Urrizkiyah, I., & Sutriyani, W. (2025). PENERAPAN PROGRAM CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 564–578. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.67342
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Ikna Urrizkiyah, Wulan Sutriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.