PENGARUH LITERACY CLOUD TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wanda Putri Nova Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Mubarak Ahmad Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v10i1.67368

Abstract

Abstract: This study examines the effect of Literacy Cloud on the language skills of fifth grade students, motivated by low learning outcomes in Indonesian language skills. One cause is the lack of interesting, interactive learning materials used in the teaching and learning process. This study aimed to determine the impact of Literacy Cloud on the language proficiency of fifth-grade students. A quantitative quasi-experimental design was used, involving pre- and post-tests on two groups. The results showed a significant increase in language skill scores in the experimental group. A t-test revealed a significance value of less than 0.05, indicating a significant difference in learning outcomes between the two groups. Therefore, Literacy Cloud has been proven to positively impact language skills and can be used as an effective alternative learning medium in elementary schools. Keyword: Literacy Cloud; Language Skills; Learning Media   Abstrak: Penelitian ini menelaah pengaruh Literacy Cloud terhadap keterampilan berbahasa siswa kelas 5 Sekolah Dasar, dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia, terutama dalam aspek keterampilan berbahasa. Salah satu penyebabnya adalah minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Literacy Cloud terhadap keterampilan berbahasa siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment), yang melibatkan pre-test dan post-test pada dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor keterampilan berbahasa yang signifikan pada kelas eksperimen. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, penggunaan Literacy Cloud terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berbahasa dan dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Literacy Cloud; Keterampilan Berbahasa; Media Pembelajaran

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Wanda Putri Nova, & Ahmad, M. (2025). PENGARUH LITERACY CLOUD TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR. JS (JURNAL SEKOLAH), 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/js.v10i1.67368