EFEKTIVITAS APLIKASI LENTERA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ADAT ISTIADAT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Risnawati Khoirunnisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enjang Yusup Ali Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dety Amelia Karlina Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i4.67671

Abstract

Abstract: This study aimed to investigate the effectiveness of the LENTERA application in improving fourth-grade students’ understanding of traditional customs in the IPAS subject. The research employed a quantitative approach with a quasi-experimental method. Instruments included tests and questionnaires, and the data were analyzed using normality tests, homogeneity tests, and t-tests. The results showed that the LENTERA application effectively enhanced students’ learning outcomes, with a statistically significant difference shown by the t-test, an average N-Gain of 58.3%, and highly positive responses from students toward the digital learning media. Keyword: effectiveness, traditional customs, LENTERA app, IPAS, understanding   Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi LENTERA dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi adat istiadat pada mata pelajaran IPAS kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket, sedangkan analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi LENTERA efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan perbedaan signifikan berdasarkan uji-t, rata-rata N-Gain sebesar 58,3%, serta respon siswa yang sangat positif terhadap media pembelajaran berbasis digital yang digunakan. Kata Kunci: efektivitas, adat istiadat, aplikasi LENTERA, IPAS, pemahaman

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Khoirunnisa, R., Yusup Ali, E., & Amelia Karlina, D. (2025). EFEKTIVITAS APLIKASI LENTERA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ADAT ISTIADAT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR . JS (JURNAL SEKOLAH), 9(4), 829–845. https://doi.org/10.24114/js.v9i4.67671