ANALISIS PEMBELAJARAN SENI RUPA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS 1 SDN JATIMULYO

Authors

  • Triyono STKIP Muhammadiyah Oku Timur
  • Maulidiawati Pendidikan Seni, STKIP Muhammadiyah Oku Timur

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i4.67726

Abstract

Abstract: This research aims to analyze the implementation of Fine Arts learning within the Merdeka Belajar Curriculum for first-grade students at SDN Jatimulyo. This study employs a descriptive qualitative method through observation, interviews, and documentation. The results indicate that SDN Jatimulyo has shown progress in implementing the Merdeka Belajar Curriculum, as evidenced by the development of Learning Modules that integrate fine arts elements, the use of concrete media and flexible learning methods, and efforts toward holistic assessment. Teachers have developed flexible learning modules and conducted initial diagnostic assessments, although it was found that adaptation to individual student characteristics and the development of more comprehensive diagnostic assessments still need improvement. Learning implementation demonstrates the use of concrete media and freedom of exploration, but challenges arise in classroom management and facilities to accommodate the creativity of all students. Learning evaluation has moved towards holistic assessment through portfolios and anecdotal records, but the alignment of assessment instruments with learning outcomes and student involvement in self-reflection needs to be intensified. Overall, this research concludes that SDN Jatimulyo has adopted the principles of the Merdeka Curriculum; however, optimizing personalized learning, classroom management, and the development of evaluation instruments are crucial areas requiring continuous improvement for optimal implementation. Keywords: Merdeka Belajar Curriculum Implementation, Fine Arts Learning, Elementary School Students  Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi pembelajaran seni rupa Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa kelas 1 SDN Jatimulyo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Jatimulyo telah menunjukkan kemajuan dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, terlihat dari penyusunan Modul Ajar yang mengintegrasikan elemen seni rupa, penggunaan media konkret dan metode pembelajaran yang fleksibel, serta upaya menuju asesmen yang holistik. Guru telah menyusun modul ajar yang fleksibel dan melakukan asesmen diagnostik awal, meskipun ditemukan bahwa adaptasi terhadap karakteristik individual siswa dan pengembangan asesmen diagnostik yang lebih komprehensif masih perlu ditingkatkan. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan pemanfaatan media konkret dan kebebasan eksplorasi, namun tantangan muncul dalam manajemen kelas dan fasilitas untuk mengakomodasi kreativitas seluruh siswa. Evaluasi pembelajaran telah mengarah pada asesmen holistik melalui portofolio dan catatan anekdot, tetapi penyelarasan instrumen penilaian dengan capaian pembelajaran dan pelibatan siswa dalam refleksi diri perlu diintensifkan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa SDN Jatimulyo telah mengadopsi prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, namun optimalisasi personalisasi pembelajaran, manajemen kelas, dan pengembangan instrumen evaluasi menjadi area krusial yang memerlukan peningkatan berkelanjutan untuk implementasi yang optimal. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Seni Rupa, Siswa SD  

Downloads

Published

2025-09-27

How to Cite

Triyono, & Maulidiawati. (2025). ANALISIS PEMBELAJARAN SENI RUPA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS 1 SDN JATIMULYO . JS (JURNAL SEKOLAH), 9(4), 803–809. https://doi.org/10.24114/js.v9i4.67726