SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: URGENSI SELF-DIRECTED LEARNING BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i3.67728Abstract
Abstrak: Self-Directed Learning (SDL) merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kemampuan siswa untuk mengatur dan mengelola proses belajar mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengertian SDL dan relevansinya bagi siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta mengeksplorasi tingkat kesadaran dan pemahaman siswa terhadap konsep tersebut. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan SDL di kalangan siswa SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDL sangat relevan bagi siswa SMK karena membantu mereka menjadi lebih mandiri dan proaktif dalam belajar, yang penting untuk kesiapan mereka di dunia kerja. Tingkat kesadaran dan pemahaman siswa terhadap SDL bervariasi, dengan beberapa siswa menunjukkan pemahaman yang baik, sementara yang lain masih menghadapi tantangan dalam mengatur proses belajar mereka. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan SDL meliputi motivasi, regulasi diri, dukungan dari guru, dan lingkungan belajar yang kondusif. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memberikan dukungan yang memadai dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung agar siswa dapat mengembangkan keterampilan SDL secara efektif. Kata Kunci: Self-Directed Learning, siswa SMK, kesadaran, pemahaman, faktor keberhasilanDownloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Paranoan, C. A. C., Deka Dyah Utami, & I Nyoman Sudana Degeng. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: URGENSI SELF-DIRECTED LEARNING BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 667–680. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.67728
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Cindy Annike Chrisan Paranoan, Deka Dyah Utami, I Nyoman Sudana Degeng

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.