SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: URGENSI SELF-DIRECTED LEARNING BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Cindy Annike Chrisan Paranoan Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Deka Dyah Utami Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • I Nyoman Sudana Degeng Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i3.67728

Abstract

Abstrak: Self-Directed Learning (SDL) merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kemampuan siswa untuk mengatur dan mengelola proses belajar mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengertian SDL dan relevansinya bagi siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta mengeksplorasi tingkat kesadaran dan pemahaman siswa terhadap konsep tersebut. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan SDL di kalangan siswa SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDL sangat relevan bagi siswa SMK karena membantu mereka menjadi lebih mandiri dan proaktif dalam belajar, yang penting untuk kesiapan mereka di dunia kerja. Tingkat kesadaran dan pemahaman siswa terhadap SDL bervariasi, dengan beberapa siswa menunjukkan pemahaman yang baik, sementara yang lain masih menghadapi tantangan dalam mengatur proses belajar mereka. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan SDL meliputi motivasi, regulasi diri, dukungan dari guru, dan lingkungan belajar yang kondusif. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memberikan dukungan yang memadai dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung agar siswa dapat mengembangkan keterampilan SDL secara efektif. Kata Kunci: Self-Directed Learning, siswa SMK, kesadaran, pemahaman, faktor keberhasilan

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Paranoan, C. A. C., Deka Dyah Utami, & I Nyoman Sudana Degeng. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: URGENSI SELF-DIRECTED LEARNING BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 667–680. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.67728

Issue

Section

Articles